Selasa, 03 November 2015

Orang Yang Dibukakan Hikmah Memiliki Keberuntungan Yang Besar

Orang Yang Dibukakan Hikmah Memiliki Keberuntungan Yang Besar Karena Hal-Hal Berikut:
1.      Hikmah akan menjadikan hati manusia tenang. Hatinya tenag karena tidak takut dan sedih dalam menghadapi kejadian sepahit apa pun. Hatinya yakin bahwa semua perkara ada dalam genggaman Allah swt, dan dia mustahil zalim kepada hambanya. Firman Allah swt dalam Q.S Al-Baqarah: 286, ”Allah swt tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”
2.      Hikmah akan menyebabkan manusia menemukan pelajaran dalam setiap kejadian. Kejadian yang buruk, seperti hilangnya harta benda, ternak, maupun bencana alam bukan sebuah kerugian. Jika manusia bisa menemukan hikmah dari kejadian tersebut. Apa artinya harga sebuah sepatu yang hilang, jika setelah kejadian tersebut kita mendapat pelajran bahwa kehati-hatian adalah hal penting. Q.S Al-Baqarah; 155, “Dan pasti kami akan menguji kamu dengan ketakutan , kelaparan, kekurangan harta , jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikan kepada orang-orang bersabar .”  sabar adalah hikmah ketika ditimpa musibah.
3.      Hikmah memperkokoh keyakinan bahwa apapun yang terjadi tidak ada yang kebetulan, tetapi menjadi ketetapan Allah swt. Hikmah akan memperkuat keyakinan tauhid kepada Allah swt. Ahli hikmah adalah Ahli Ma’rifullah.


Referensi:

Chalil komaruddin M. H. Hikmah di Balik Fenomena Kehidupan. Cet. I; Bandung: Pustaka Madani. 2007.

Tidak ada komentar: