BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dunia facebook sekarang ini banyak
dibincangkan dalam masyarakat umum. Terutama di kalangan remaja.
Tetapi tidak menutut kemungkinan kalau anak SD pun juga mengenal cara
berkomunikasi lewat dunia maya ini. Pada umumnya facebook (yang lebih dikenal
dengan FB) tersebut mampu menghipnotis ribuan remaja yang di dunia ini, dengan
waktu singkat facebook sudah mampu menarik minat masyarakat untuk mencobanya.
Tak segan-segan para ibu-ibu (orang tua) pun ikut terhipnotis dalam
pengaploadtan dunia maya tersebut. Padahal banyak dampak positif dan negative
yang dapat kita temukan dalam melakukan atau berhubungan di dunia maya dengan
jejaring internet yang di kenal dengan facebook (FB) tersebut.
Kita dapat lihat dari pengaruh
dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan terhadap perkembangan
tingkah laku remaja saat ini. Banyak remaja yang terjerumus dalam jejering
social tersebut.
Pada umumnya remaja hanya ingin
mencari teman dan sekedar mengapload status saja. Tetapi disini tidak sedikit
pada remaja menyalah gunakan facebook dalam memenuhi kepentingan mereka baik
pribadi maupun umum. Contohnya, seorang wanita dimana dia sangat mencintai
seorang lelaki, tetapi lelaki itu menyukai teman si wanita itu sendiri, karena
emosi yang dipengaruhi juga oleh rasa dendam sehingga si wanita ini meneror si
wanita yang disenangi oleh lelaki itu lewat jejaring sosial facebook tersebut.
Sehingga karena merasa takut, si wanita ini melaporkannya ke kantor pilisi atas
dasar pencemaran nama baik.
Di sinilah dampak negative dari jejaring
sosial facebook tersebut. Anak-anak remaja juga demikian. Mereka sering larut
dalam facebook, sampai melupakan kegiatan mereka sebagai seorang pelajar. Bukan
hanya ini saja dmpak negatifnya, masih banyak dampak-dampak negative lainnya.
Dimana dapat merugikan banyak orang terutapa dalam dunia pendidikan. Sebab
pendidikan yang selama ini ka dapatkan yang seharusnya juga dapat mendidik
moral dan juga dapat menumbuh kembangkan norma dalam diri kita, akan menjadi
sia-sia. Hanya karena pengaruh jejaring sosial facebook. Jika kita dapat
berfikir secara formal, jejaring sosial facebook (FB) ini dapat memotifasi diri
kita sendiri agar lebih baik dan tanpa merugikan pendidikan yang telah kita
dapatkan, jika kita mampu memanfaatkan dunia jejaring tersebut dengan arif yang
berdasarkan atas norma-norma yang ada. Sehingga tidak aka nada lagi orang yang
dirugikan oleh jejaring sosial ini dan justru akan berdampak positif bagi kita.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Mengetahui
Pengertian Facebook ?
2. Bagaimana Sejarah
Singkat Facebook ?
3. Bagaimana
Mamfaat Positif Facebook di kalangan remaja ?
C. TUJUAN
a. Untuk
mengetahui titik penyelesaian dalam masalah di bidang teknologi seperti halnya
mendidik apalagi untuk zaman sekarang butuh bimbingan baik dari orang tua
maupun dari orang lain.
b. Untuk
mengetahui pengertian Facebook
c. Untuk
mengetahui Sejarah Singkat Facebook.
d.
Mengetahui Dampak Positif Facebook.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Facebook
Facebook adalah website jaringan
sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota,
kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan
orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan,
dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya
Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat
atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan
dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih
untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti
berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilaya.
B. Sejarah Singkat Facebook
Nama layanan ini berasal dari nama
buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa
pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu
mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia
minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.[diluncurkan
pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media
untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard Dalam waktu dua minggu
setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan
memiliki account di Facebook.
Tak hanya itu,
Beberapa kampus lain di sekitar
Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta
bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan
kampus-kampus lain.
C.
Dampak Positif Facebook
Facebook (FB) merupakan jejaring
sosial yang juga dimanfaatkan untuk mengapload status, dan juga merupakan alat
berkomunikasi modern. Facebook (FB) ini telah banyak menarik minat kaum
masyarakat pada umumnya. Facebook juga telah menghipnotis ribuan bahkan jutaan
remaja di dunia ini termasuk anak-anak pun kini telah mengenal facebook
tersebut. Facebook ini pertama kali berada di Negara Amerika yang kemudian
masuk ke Negara Indonesia. Facebook ini pun mampu merubah pola tingkah laku
yang biasa menjadi tidak biasa. Dalam kita berhubungan dengan facebook kita
akan tahu dampak positif dari facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan
tingkah laku remaja. Kita dapat tentukan sebagai berikut:
a. Dampak Positif Facebook Untuk Remaja
Facebook berdampak positif dalam
pendidikan yang akan mempengaruhi tingkah laku para remaja, salah satunya
adalah:
Facebook dapat memudahkan
kita mengetahui kejadian-kejadian yang belum tersiar dalam media cetak maupun
media elektronik.
Melalui facebook kita dapat
berinteraksi secara cepat.
Kita dapat mengetahui wajah
lawan kita berinteraksi.
Dalam facebook kita juga
dapat dengan mudah mengapload masalah-masalah tentang pendidikan sehingga dapat
membantu dan Dampak positif Siswa menggunakan
facebook :
b.Dampak positif facebook untuk siswa/mahasiswa
1. Facebook dapat menambah wawasan siswa
tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan.
2..Facebook
membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa
dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih
tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang
didekatnya.
3. Selain mendapat teman baru, siswa
juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang
diinginkan.
4. Siswa dapat menuliskan permasalahan
yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temannya, sehingga dapat
memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.
5. Pikiran siswa akan lebih terbuka
dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook.
6. Mempererat silaturahmi, siswa bisa
menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal di masa lalu.
7. Mengetahui potensi diri, dalam
facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak
tentang siapa siswa sebenarnya. Namun, siswa juga harus tetap waspada, sebagian
kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan.
8. Media promosi, entah itu
mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu
legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media
kampanyenya.
9. Sarana diskusi, di facebook siswa
bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.
10. Tempat curhat, ketika siswa sedang
mendapatkan masalah, siswa tinggal mengupdate status facebooknya dengan masalah
yang sedang kita hadapi, jika ada orang yang peduli, orang tersebut akan
memberi komen yang isinya memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif
untuk menyelesaikan masalah dan memotifasi diri kita menjadi semangat dalam belajar.
c. Dampak Positif Facebook Untuk
Kehidupan
Facebook membuat kita
dapat menemukan teman-teman lama, ataupun memperluas pertemanan kita sampai ke
negara-negara luar. Facebook pun dapat menjadi salah satu sarana
yang efektif sebagai situs untuk menawarkan barang. Seperti yang kita ketahui,
banyak sekali toko online yang menawarkan barang dagangannya melalui facebook.
Tentunya ini menguntungkan bagi keduabelah pihak. Baik pembeli maupun penjual.
“Facebook dapat menghibur saya dan
mengurangi kebosanan tentunya, ketika saya bosan, saya cukup mengupdata status,
lalu turut mengomentari status saya ataupun teman saya, meskipun terdengar
simple, tapi itu sangat menghibur. Saya pun juga dapat bermain game di facebook
yang menurut saya sangat menyenangkan.” Begitu penuturan salah seorang pengguna
facebook.
Facebook dapat mempengaruhi perilaku
penggunanya. Pengguna Facebook terdiri dari berbagai kalangan dari kalangan
remaja sampai dengan orang dewasa. Berdasarkan klasifikasi Hurlock (1980),
kalangan tersebut diklasifikasikan ke dalam range usia sebagai berikut:
Remaja
13 tahun – 18 tahun
Dewasa Awal
18 tahun – 40 tahun
Dewasa Madya
40 tahun – 60 tahun
A.Pada remaja (13-18 thn)
Dalam perilaku sosialnya, remaja
adalah periode dimana teman sebaya mempunyai arti yang sangat penting. Mereka
ikut dalam kelompok-kelompok, klik-klik, atau gang-gang sebaya atau peer group
yang perilaku dan nilai-nilai kolektifnya sangat mempengaruhi perilaku serta
nilai-nilai individu-individu yang menjadi anggotanya. Inilah proses dimana
individu membentuk pola perilaku dan nilai-nilai baru yang pada gilirannya bisa
menggantikan nilai-nilai serta pola perilaku yang dipelajarinya di rumah.
Oleh karena itu, pada umumnya remaja
menggunakan situs Facebook untuk menjalin persahabatan lebih luas dengan
teman-teman yang telah dikenal maupun teman-teman baru di seluruh dunia.
Adapun pengaruh positif Facebook
pada usia remaja adalah:
1. Remaja dapat memperoleh informasi
mengenai pengetahuan baru dari remaja lain yang berjauhan..
2. Remaja dapat menunjukkan
eksistensinya di dunia maya.
3. Remaja dapat melatih kemampuannya
dalam bersosialisasi.
4. Remaja dapat mengenal teknologi
sejak dini agar lebih siap dalam menghadapi persaingan dunia global.
B.Pada dewasa awal
(18-40
thn)Pada masa ini orientasi hidupnya
adalah pemantapan diri dan pola hidup baru (berkeluarga). Mereka mulai serius
belajar demi karir di masa yang akan datang, mulai memilih-milih pasangan yang
lebih serius, dan cita-citanya menjadi lebih realistis. Pengaruh teman sebaya
banyak berkurang sehingga ia bisa berfikir dan memutuskan berdasarkan kehendak
sendiri. Oleh sebab itu, banyak orang pada usia ini menggunakan situs Facebook
untuk menjalin pertemanan dengan rekan-rekan yang dapat menunjang karirnya atau
bahkan mencari pasangan hidup yang serius dengannya.
Adapun pengaruh positif Facebook
pada usia dewasa awal adalah:
1. Untuk kepentingan karirnya
sepertimudah mencari informasi lowongan pekerjaan.
2. Kemudahan dalam bertransaksi dan
mencari rekan dalam berbisnis.
3. Dapat bertukar pikiran dengan
sangat mudah.
4. Akses Pertukaran informasi
difasilitasi dengan sangat bagus. Contohnya ketika kita butuh sesuatu atau
ingin tahu tentang sesuatu, kita dapat menulisnya di status maka akan kita akan
mendapat balasan dari rekan-rekan.
c. Pada dewasa madya (40-60 tauhn)
Setelah semua keberhasilan
diperoleh, logislah bahwa mereka mengevaluasi kembali keberhasilan-keberhasilan
berdasarkan aspirasi-aspirasi dan harapan-harapan mereka serta orang lain
disekitar mereka dimasa lalu. Kehidupan keluarga agak membosankan, oleh karena
itu mereka cenderung punya perhatian yang besar pada aktivitas-aktivitas
hiburan di luar rumah.
Pada masa kini, banyak orang-orang
pada usia ini menggunakan situs facebook untuk mencari teman-teman lama atau
saudara-saudara jauh mereka yang telah lama tidak bertemu. Dengan begitu, ia
mendapatkan hiburan dengan bernostalgia lagi dengan orang-orang di masa
lalunya.
Adapun pengaruh positif facebook
pada usia dewasa madya adalah:
·
Sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang
paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi
dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia .
·
Sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email,
newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
·
Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang
pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
·
Kemudahan dalam bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Berikut ini merupakan manfaat dari Facebook
Ø Menambah banyak teman dan menambah
pengetahuan.Karena pada dasarnya situs-situs jejaringan sosial semacam facebook
memang dimasukkan untuk mencari dan memperbanyak teman.Tapi ini juga bergantung
pada motivasi seseorang dalam menggunakan facebook.Ada beberapa orang yang
membuat akun facebook hanya sekedar mengikuti tren saja hanya sebagai syarat
agar tidak disebut remaja kuper atau kurang pergaulan
Ø Kita dapat menulis segala aktivitas
perasaan yang sedang kita rasakan,yang biasanya disebut dengan status.
Ø Untuk menjalin persahabatan ataupun
bersilatuhrahmi dengan teman lama
Ø Sebagai ajang diskusi mengenai
berbagai macam hal
Ø Sebagai sarana promosi.facebook bias
digunakan untuk promosi situs atau web dengan tujuan tentunya agar blognya
semakin dikenal,dan semakin banyak pengunjungnya.
Ø Sebagai media dua arah antara
masyarakat dengan media massa
Ø Kita bias berbagai foto atau video
dengan teman dengan cara membuat tag pada foto atau video tersebut
Ø Kita bisa chatting dengan seseorang
yang jaraknya berjauhan
Ø Merupakan sarana informasi dan
telekomunikasi
Ø Mendapat pengalaman baru dari teman
facebook dengan saling bertukar pikiran atau sharing
Ø Situs jaringan ini dapat menjangkau
seluruh dunia sehingga dapat mempermudah pelajar untuk saling berkomunikasi
kapan dan dimanapun berada
Ø Dapat mengetahui keadaan teman kita
walaupun berbeda daerah
Ø Kita dapat memperoleh informasi
terbaru dari teman kita
Ø Tempat curhat,bila saja menyalurkan
curhat kedalam facebook,barang kali ada teman-teman yang menanggapi dan
memberikan solusinya bahkan memberikan semangat dan alternatife untuk menyelesaikan
masalahnya
Ø Menyalurkan hobi menulis,di facebook
terdapat banyak fasilitas note untuk menampung hobi kita dalam hal tulis
menulis,bias sekedar menulis curhatan,puisi,tips dan sebagainya
Ø Sebagai media penyimpanan
data.Selain sebagai media berbagai informasi facebook juga biasa digunakan
sebagai media penyimpanan data berupa file-file,video,foto,dan yang lainnya
Ø Menghindari steres,ngobrol dengan
teman-teman,mengomentari status orang lain yang terkadang lucu dan
menggelitik,bermain game,itu bias menjadi obat steres yang ampuh setelah
seharian berkutat dengan pelajaran disekolah
Ø Bertemu dengan teman lama.Akun
facebook adalah salah satu sarana untuk bertemu kembali dengan teman lama,baik
itu teman SMP maupun teman SMA yang bertemu melalui jaringan social
Ø Mengetahui potensi diri dalam
facebook banyak terdapat kuis yang bermamfaat untuk mengetahui lebih banyak
tentang siapa siswa sebenarnya.Namun siswa juga tetap waspada sebagian kuis
yang terdapat dalam facebook mengandung unsur-unsur ramalan
Ø Facebook membuat orang lebih tanggap
dan komunikatif pada sekitarnya,artinya seseorang dapat bertukar pikiran dan
belajar dari perkataan orang sehingga ia akan tanggap terhadap perasaan
temannya dan lebih mudah berbicara pada orang dekatnya
Ø Dapat mencari teman atau sahabat di
dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan
Ø Pemikiran seseorang dapat lebih
terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook
Ø Sebagai sarana diskusi,dimana
seseorang bias bergabung dengan berbagai komunitas/grup.
Ø Sebagai sarana promosi akan
berbahgai hal baik itu mempromosikan jasa,instansi,produk,atau hal
lainnya.Bahkan pemilu legislatife kemarin sebagian caleg juga menggunakan
facebook untuk media kampanye
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami tarik, berdasarkan pembahasan
diatas adalah hindarilah namanya kecanduan facebook, maniak facebook, gila
facebook secara berlebihan bisa merusak mental si anak apalagi yang masih
menginjak masa sekolah di karenakan situs ini di lakukan secara berlebihan
untuk si pemakai akan berdampak buruk dan lupa diri, lupa pada ia kerjakan dan
memberi dampak yang sangat besar maka dari itu usahakan mempergunakan facebook
secara positif dan bermanfaat.
B. Saran
Saran yang dapat kami kemukan
berdasarkan pembahasan diatas adalah alangkah baiknya mencari informasi tentang
berita yang behubungan pendidikan yang bermanfaat untuk orang banyak ketimbang
bermaen-maen dan bermain boleh-boleh saja akan tetapi jangan terlalu brlebihan
DAFTAR PUSTAKA
http://www.eric.dijogja.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar