Senin, 09 November 2015

makalah: “Pengaruh Dampak Positif Facebook dalam Pendidikan terhadap Perkembangan Tingkah Laku Remaja saat ini”

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Dunia facebook sekarang ini banyak dibincangkan dalam masyarakat umum. Terutama di kalangan remaja. Tetapi tidak menutut kemungkinan kalau anak SD pun juga mengenal cara berkomunikasi lewat dunia maya ini. Pada umumnya facebook (yang lebih dikenal dengan FB) tersebut mampu menghipnotis ribuan remaja yang di dunia ini, dengan waktu singkat facebook sudah mampu menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Tak segan-segan para ibu-ibu (orang tua) pun ikut terhipnotis dalam pengaploadtan dunia maya tersebut. Padahal banyak dampak positif dan negative yang dapat kita temukan dalam melakukan atau berhubungan di dunia maya dengan jejaring internet yang di kenal dengan facebook (FB) tersebut.
Kita dapat lihat dari pengaruh dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan terhadap perkembangan tingkah laku remaja saat ini. Banyak remaja yang terjerumus dalam jejering social tersebut.
Pada umumnya remaja hanya ingin mencari teman dan sekedar mengapload status saja. Tetapi disini tidak sedikit pada remaja menyalah gunakan facebook dalam memenuhi kepentingan mereka baik pribadi maupun umum. Contohnya, seorang wanita dimana dia sangat mencintai seorang lelaki, tetapi lelaki itu menyukai teman si wanita itu sendiri, karena emosi yang dipengaruhi juga oleh rasa dendam sehingga si wanita ini meneror si wanita yang disenangi oleh lelaki itu lewat jejaring sosial facebook tersebut. Sehingga karena merasa takut, si wanita ini melaporkannya ke kantor pilisi atas dasar pencemaran nama baik.
 Di sinilah dampak negative dari jejaring sosial facebook tersebut. Anak-anak remaja juga demikian. Mereka sering larut dalam facebook, sampai melupakan kegiatan mereka sebagai seorang pelajar. Bukan hanya ini saja dmpak negatifnya, masih banyak dampak-dampak negative lainnya. Dimana dapat merugikan banyak orang terutapa dalam dunia pendidikan. Sebab pendidikan yang selama ini ka dapatkan yang seharusnya juga dapat mendidik moral dan juga dapat menumbuh kembangkan norma dalam diri kita, akan menjadi sia-sia. Hanya karena pengaruh jejaring sosial facebook. Jika kita dapat berfikir secara formal, jejaring sosial facebook (FB) ini dapat memotifasi diri kita sendiri agar lebih baik dan tanpa merugikan pendidikan yang telah kita dapatkan, jika kita mampu memanfaatkan dunia jejaring tersebut dengan arif yang berdasarkan atas norma-norma yang ada. Sehingga tidak aka nada lagi orang yang dirugikan oleh jejaring sosial ini dan justru akan berdampak positif bagi kita.


B.     RUMUSAN MASALAH
1.    Mengetahui Pengertian Facebook ?
2.    Bagaimana Sejarah Singkat Facebook ?
3.    Bagaimana Mamfaat Positif Facebook di kalangan remaja ?
C.    TUJUAN
a. Untuk mengetahui titik penyelesaian dalam masalah di bidang teknologi seperti halnya mendidik apalagi untuk zaman sekarang butuh bimbingan baik dari orang tua maupun dari orang lain.
b. Untuk mengetahui pengertian Facebook
c. Untuk mengetahui Sejarah Singkat Facebook.
d. Mengetahui Dampak Positif Facebook.


















BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilaya.

B.  Sejarah Singkat Facebook
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.[diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu,
Beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain.



CDampak Positif Facebook
Facebook (FB) merupakan jejaring sosial yang juga dimanfaatkan untuk mengapload status, dan juga merupakan alat berkomunikasi modern. Facebook (FB) ini telah banyak menarik minat kaum masyarakat pada umumnya. Facebook juga telah menghipnotis ribuan bahkan jutaan remaja di dunia ini termasuk anak-anak pun kini telah mengenal facebook tersebut. Facebook ini pertama kali berada di Negara Amerika yang kemudian masuk ke Negara Indonesia. Facebook ini pun mampu merubah pola tingkah laku yang biasa menjadi tidak biasa. Dalam kita berhubungan dengan facebook kita akan tahu dampak positif dari facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja. Kita dapat tentukan sebagai berikut:

a.    Dampak Positif Facebook Untuk Remaja
Facebook berdampak positif dalam pendidikan yang akan mempengaruhi tingkah laku para remaja, salah satunya adalah:
  Facebook dapat memudahkan kita mengetahui kejadian-kejadian yang belum tersiar dalam media cetak maupun media elektronik.
  Melalui facebook kita dapat berinteraksi secara cepat.
  Kita dapat mengetahui wajah lawan kita berinteraksi.
 Dalam facebook kita juga dapat dengan mudah mengapload masalah-masalah tentang pendidikan sehingga dapat membantu dan Dampak positif Siswa menggunakan facebook :

b.Dampak  positif facebook untuk siswa/mahasiswa
1. Facebook dapat menambah wawasan siswa tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan.
2..Facebook membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang didekatnya.
3. Selain mendapat teman baru, siswa juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan.
4. Siswa dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temannya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.
5. Pikiran siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook.
6. Mempererat silaturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal di masa lalu.
7. Mengetahui potensi diri, dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa siswa sebenarnya. Namun, siswa juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan.
8. Media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.
9. Sarana diskusi, di facebook siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.
10. Tempat curhat, ketika siswa sedang mendapatkan masalah, siswa tinggal mengupdate status facebooknya dengan masalah yang sedang kita hadapi, jika ada orang yang peduli, orang tersebut akan memberi komen yang isinya memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah dan memotifasi diri kita menjadi semangat dalam belajar.

c. Dampak Positif Facebook Untuk Kehidupan
Facebook  membuat kita dapat menemukan teman-teman lama, ataupun memperluas pertemanan kita sampai ke negara-negara luar.  Facebook  pun dapat menjadi salah satu sarana yang efektif sebagai situs untuk menawarkan barang. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali toko online yang menawarkan barang dagangannya melalui facebook. Tentunya ini menguntungkan bagi keduabelah pihak. Baik pembeli maupun penjual.
“Facebook dapat menghibur saya dan mengurangi kebosanan tentunya, ketika saya bosan, saya cukup mengupdata status, lalu turut mengomentari status saya ataupun teman saya, meskipun terdengar simple, tapi itu sangat menghibur. Saya pun juga dapat bermain game di facebook yang menurut saya sangat menyenangkan.” Begitu penuturan salah seorang pengguna facebook.
Facebook dapat mempengaruhi perilaku penggunanya. Pengguna Facebook terdiri dari berbagai kalangan dari kalangan remaja sampai dengan orang dewasa. Berdasarkan klasifikasi Hurlock (1980), kalangan tersebut diklasifikasikan ke dalam range usia sebagai berikut:
Remaja
13 tahun – 18 tahun
Dewasa Awal
18 tahun – 40 tahun
Dewasa Madya
40 tahun – 60 tahun

A.Pada remaja (13-18 thn)
Dalam perilaku sosialnya, remaja adalah periode dimana teman sebaya mempunyai arti yang sangat penting. Mereka ikut dalam kelompok-kelompok, klik-klik, atau gang-gang sebaya atau peer group yang perilaku dan nilai-nilai kolektifnya sangat mempengaruhi perilaku serta nilai-nilai individu-individu yang menjadi anggotanya. Inilah proses dimana individu membentuk pola perilaku dan nilai-nilai baru yang pada gilirannya bisa menggantikan nilai-nilai serta pola perilaku yang dipelajarinya di rumah.
Oleh karena itu, pada umumnya remaja menggunakan situs Facebook untuk menjalin persahabatan lebih luas dengan teman-teman yang telah dikenal maupun teman-teman baru di seluruh dunia.

Adapun pengaruh positif Facebook pada usia remaja adalah:

1. Remaja dapat memperoleh informasi mengenai pengetahuan baru dari remaja lain yang berjauhan..
2. Remaja dapat menunjukkan eksistensinya di dunia maya.
3. Remaja dapat melatih kemampuannya dalam bersosialisasi.
4. Remaja dapat mengenal teknologi sejak dini agar lebih siap dalam menghadapi  persaingan dunia global.

B.Pada dewasa awal
(18-40 thn)Pada masa ini orientasi hidupnya adalah pemantapan diri dan pola hidup baru (berkeluarga). Mereka mulai serius belajar demi karir di masa yang akan datang, mulai memilih-milih pasangan yang lebih serius, dan cita-citanya menjadi lebih realistis. Pengaruh teman sebaya banyak berkurang sehingga ia bisa berfikir dan memutuskan berdasarkan kehendak sendiri. Oleh sebab itu, banyak orang pada usia ini menggunakan situs Facebook untuk menjalin pertemanan dengan rekan-rekan yang dapat menunjang karirnya atau bahkan mencari pasangan hidup yang serius dengannya.

Adapun pengaruh positif Facebook pada usia dewasa awal adalah:

1. Untuk kepentingan karirnya sepertimudah mencari informasi lowongan pekerjaan.
2. Kemudahan dalam bertransaksi dan mencari rekan dalam berbisnis.
3. Dapat bertukar pikiran dengan sangat mudah.
4. Akses Pertukaran informasi difasilitasi dengan sangat bagus. Contohnya ketika kita butuh sesuatu atau ingin tahu tentang sesuatu, kita dapat menulisnya di status maka akan kita akan mendapat balasan dari rekan-rekan.

c. Pada dewasa madya (40-60 tauhn)
Setelah semua keberhasilan diperoleh, logislah bahwa mereka mengevaluasi kembali keberhasilan-keberhasilan berdasarkan aspirasi-aspirasi dan harapan-harapan mereka serta orang lain disekitar mereka dimasa lalu. Kehidupan keluarga agak membosankan, oleh karena itu mereka cenderung punya perhatian yang besar pada aktivitas-aktivitas hiburan di luar rumah.
Pada masa kini, banyak orang-orang pada usia ini menggunakan situs facebook untuk mencari teman-teman lama atau saudara-saudara jauh mereka yang telah lama tidak bertemu. Dengan begitu, ia mendapatkan hiburan dengan bernostalgia lagi dengan orang-orang di masa lalunya.

Adapun pengaruh positif facebook pada usia dewasa madya adalah:
·        Sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia .
·        Sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
·        Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
·        Kemudahan dalam bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Berikut ini merupakan manfaat dari Facebook
Ø Menambah banyak teman dan menambah pengetahuan.Karena pada dasarnya situs-situs jejaringan sosial semacam facebook memang dimasukkan untuk mencari dan memperbanyak teman.Tapi ini juga bergantung pada motivasi seseorang dalam menggunakan facebook.Ada beberapa orang yang membuat akun facebook hanya sekedar mengikuti tren saja hanya sebagai syarat agar tidak disebut remaja kuper atau kurang pergaulan
Ø Kita dapat menulis segala aktivitas perasaan yang sedang kita rasakan,yang biasanya disebut dengan status.
Ø Untuk menjalin persahabatan ataupun bersilatuhrahmi dengan teman lama
Ø Sebagai ajang diskusi mengenai berbagai macam hal
Ø Sebagai sarana promosi.facebook bias digunakan untuk promosi situs atau web dengan tujuan tentunya agar blognya semakin dikenal,dan semakin banyak pengunjungnya.
Ø Sebagai media dua arah antara masyarakat dengan media massa
Ø Kita bias berbagai foto atau video dengan teman dengan cara membuat tag pada foto atau video tersebut
Ø Kita bisa chatting dengan seseorang yang jaraknya berjauhan
Ø Merupakan sarana informasi dan telekomunikasi
Ø Mendapat pengalaman baru dari teman facebook dengan saling bertukar pikiran atau sharing
Ø Situs jaringan ini dapat menjangkau seluruh dunia sehingga dapat mempermudah pelajar untuk saling berkomunikasi kapan dan dimanapun berada
Ø Dapat mengetahui keadaan teman kita walaupun berbeda daerah
Ø Kita dapat memperoleh informasi terbaru dari teman kita
Ø Tempat curhat,bila saja menyalurkan curhat kedalam facebook,barang kali ada teman-teman yang menanggapi dan memberikan solusinya bahkan memberikan semangat dan alternatife untuk menyelesaikan masalahnya
Ø Menyalurkan hobi menulis,di facebook terdapat banyak fasilitas note untuk menampung hobi kita dalam hal tulis menulis,bias sekedar menulis curhatan,puisi,tips dan sebagainya
Ø Sebagai media penyimpanan data.Selain sebagai media berbagai informasi facebook juga biasa digunakan sebagai media penyimpanan data berupa file-file,video,foto,dan yang lainnya
Ø Menghindari steres,ngobrol dengan teman-teman,mengomentari status orang lain yang terkadang lucu dan menggelitik,bermain game,itu bias menjadi obat steres yang ampuh setelah seharian berkutat dengan pelajaran disekolah
Ø Bertemu dengan teman lama.Akun facebook adalah salah satu sarana untuk bertemu kembali dengan teman lama,baik itu teman SMP maupun teman SMA yang bertemu melalui jaringan social
Ø Mengetahui potensi diri dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermamfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa siswa sebenarnya.Namun siswa juga tetap waspada sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur-unsur ramalan
Ø Facebook membuat orang lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya,artinya seseorang dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang sehingga ia akan tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang dekatnya
Ø Dapat mencari teman atau sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan
Ø Pemikiran seseorang dapat lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook
Ø Sebagai sarana diskusi,dimana seseorang bias bergabung dengan berbagai komunitas/grup.
Ø Sebagai sarana promosi akan berbahgai hal baik itu mempromosikan jasa,instansi,produk,atau hal lainnya.Bahkan pemilu legislatife kemarin sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanye












BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami tarik, berdasarkan pembahasan diatas adalah hindarilah namanya kecanduan facebook, maniak facebook, gila facebook secara berlebihan bisa merusak mental si anak apalagi yang masih menginjak masa sekolah di karenakan situs ini di lakukan secara berlebihan untuk si pemakai akan berdampak buruk dan lupa diri, lupa pada ia kerjakan dan memberi dampak yang sangat besar maka dari itu usahakan mempergunakan facebook secara positif dan bermanfaat.
B.   Saran
Saran yang dapat kami kemukan berdasarkan pembahasan diatas adalah alangkah baiknya mencari informasi tentang berita yang behubungan pendidikan yang bermanfaat untuk orang banyak ketimbang bermaen-maen dan bermain boleh-boleh saja akan tetapi jangan terlalu brlebihan



DAFTAR PUSTAKA

http://www.eric.dijogja.com


Tidak ada komentar: