Senin, 09 November 2015

makalah tentang landasan Filosofis

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam arti tertentu, psikologi pendidikan melibatkan kegiatan berfilosofi pendidikan, karena ia merupakan dari sebuah analisis filosofi yang serius terhadap pilihan-pilihan yang memiliki arti penting secara intelektual di dalam pendidikan dewasa ini. Di sisi lain, pokoknya jelas kelihatan bahwa bukan untuk berfilosofi tentang masalah ini atau masalah itu dalam pendididkan, melainkan untuk mengembangkan penggolongan mendasar  yang mencakup berbagai alternatif mendasar pula yang tersedia di seluruh wilayah filosofi pendidikan.
Para praktisi pendidikan seperti para guru ataupun dosen di lembaga pendidikan ataupin sekolah formal, pelatih pada tempat kursus maupun lokakarya ataupun pemandu di berbagai arena pendidkan non formal ataupun pendidikan rakyat banyak yang tidak sadar bahwa ia terlibat dalam suatu pergumulan ideologi melalui arena pendidkan. Dunia pendidiksn terkejut ketika asumsi bahwa setiap usaha pendidikan yang selalu dimuliakan dan diasumsikan mengandung kebijakan tersebut melalui kritik mendasar orang tertentu.
Namun demikian, sesungguhnya berbagai kritik  mendasar tersebut justru semakin mendewasakan pendidian, yaknibmemperkaya berbagai upayapencarian model pendidikan, sehingga melahirkan kekayaan pengalaman di perbagai bidang mengenai praktek pendidikan.
Proses pendidikan sebenarnya telah berlangsung sejak bayi manusia lahir ke dunia. Semenjak dilahirkan, orang telah tersentuh pendidikan yang dinerikan oleh orang tuanya. Sesederhana apa pun bentuk pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anak yang dilahirkannya, pastilah telah tertransfer nilai-nilai pendidikan pada anak. Hal ini menunjukkan bahwa psikologi pendidikan bagi seorang anak dimulai semenjak ia lahir.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana landasan filosofis pendidikan ?
2.      Bagaimana landasan ideologis pendidikan ?
3.      Bagaimana landasan psikologis pendidikan ?

C.    Tujuan penulisan 
1.      Mengetahui landasan filosofis pendidikan
2.      Mengetahui landasan ideologis pendidikan
3.      Mengetahui landasan psikologis pendidikan


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Landasan Filosofis Pendidikan
Adanya landasan keyakinan bahwa adalah mungkin untuk mengenali dan memusatkan filosofi-filosofi pendidikan yang adanya terpisah dari corak-corak filosofi lain (yang bukan pendidikan). Juga bahwa filosofi-filosofi pendidikan itu setidak-tidaknya dapat dipandang sebagai filosofi yang secara konseptual, dapat dipisahkan dari sistem-sistem formal pemikirn filosofi tradisional.
Dengan kata lain, jia pendekatan formal yang masih penting perannya dalam filosofi pendidikan  cenderung  untuk  mengawali kajiannya dengan persamaan-persamaan filosofis yang umum , atau dengan generalisasi, baru kemudian bergerak ke arah filsofi pendidikan dengan dasar rujukan rasional, maka pendidikan filosofi pendidikan cenderung untuk meniadakan hal tadi. Ia berawal dari rancangan-rancangan yang lebih khusus, biasanya yang terkait secara lebih langsung dengan problema-problema mendasar pendidikan/ persekolahan. Kebijakan ia menjadi sistem logis gagasan tentang hakikat dan tujuan pendidikan.
Pendekatan-pendekatan filosofi pendidikan berbeda dalam dua hal mendasar jika dibandingkan dengan pendekatan yang berpusat pada sipulan-simpulan pendidikan dalam sistem-sistem filosofi yang mapan. Pertama, filosofi-filosofi pendidikan bukan benar-benar filosofi dalam arti yang umum dipahami. Kedua, pendekatan filosofi-filosofinpendidikan cenderung untuk memusatkan perhatian pada dua pertanyaan mendasar:
1.      Hubungan mendasar apakah yang ada antara sekolah dengan masyarakat ?
2.      Apa implikasi hubungan itu dalam kaitannya dengan sifat dan susunan (hakikat dan organisasi) pengajaran ?
Tidak semua filosofi secara terbuka memuat kajian tentang pendidikan, karena itu banyak filosofi pendidikan yang merupakan penaraikan (inferensi) dan peramalan (ekstrapolasi) berdasarkan filosofi pendidikan yang relatif murni yang hanya untuk menyebutkan sekilas persoalan belajar mengajar. Yang memungkinkan penarikan praktik-praktik pendidikan dari  berbagai prakiraan filosofis mendasar itu, dalam bebrapa kasus, adalah kenyataan  bahwa filosofi pendidikan terserat di dalam sistem-sistem  filosofi yang paling berkembang. Meski yang sebaliknya tidaklah mesti benar bahwa mungkin saja untuk mensionalisasikan (menalar) alasan-alasan filosofi demi mengabsahkan atau membenarkan praktik-praktik pendidikan yang lahir terutama dari kebijaksanaan.




B.     Landasan Psikologis Pendidikan
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajati prinsip-prinsip dan proses-proses psikologi tingkah laku yang terjadi dalam aktivitas pegajaran, dan dengan maksud untuk memperlancar dan menyukseskan program pendidikan. Dengan pernyataan yang sederhana, psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam proses pendidikan merupaakn penerapan dari dua disiplin ilmu yang berbeda, yaitu pendidikan dan psikologi.








DAFTAR PUSTAKA

O’neil, William F. 2001. Ideologi-ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Prawira, Purwa Atmaja. 20112. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.






Tidak ada komentar: