Bab I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan
mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara
berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak
akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa
kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem
pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita
berpikir kritis, kreatif, dan produktif. UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin
mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus
terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki
kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar
Inti
pendidikan itu sendiri pada dasarnya adalah proses alih informasi dan nilai‑nilai
yang ada. Selama proses ini terjadi, pengalaman dan penalaran pengambilan
keputusan seseorang akan bertambah baik. Di era globalisasi ini banyak hal
yang dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal dengan komputer. Hampir semua
orang di seluruh dunia mengenal komputer dan sudah banyak pula orang yang
menggunakan komputer. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang
baik adalah dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta
didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk
belajar,komputer hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak
memiliki manfaat.
B.
Rumusan maslah
Setelah menulis latar belakang
tersebut saya dapat membuat rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian computer dan Sejarah
computer ?
2. Apa peran computer dalam bidang
pendidikan ?
3. Apa peran
computer dalam pembelajaran ?
C.
Tujuan masalah
1. Mampu memberikan pemahaman tentan
computer.
2. Mampu menjelaskan peran computer
dalam bidang pendidikan.
3. Mampu menjelaskan peran computer
dalam pembelajaran.
Bab II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian computer dan sejarah komputer
v Pengertian computer
Komputer adalah media atau alat bantu untuk
mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang
lainnya. Dalam bahasa latin, computer dapat
di definisikan sebagai alat hitung. Komputer
jg bias di artikan sebagai
perangkat teknologi untuk mempermudah manusia mengakses informasi dari
berbagai disiplin ilmu diseluruh penjuru dunia.Manfaat komputer dibidang
pendidikan sangat terasa bagi pendidik untuk menyajikan pengajaran yang
menyenangkan bagi siswa-siswinya.
Dan berfungsi untuk mengolah data .
namun sekarang ini di gunakan sesuai dengan fungsinya atau kebutuhannya. Komputer
juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas
seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau menulis, ia dapat menggunakan
komputer untuk mendukung karyanya. Komputer
pertama kali dipakai sebagai media pendidikan di pabrik-pabrik, bukan
disekolah.
Beberapa
definisi dari pada computer menurut dari pada ahli, yaitu :
·
Menurut Robbert H.blismen.
Menurut pendapat beliau, computer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti mengimput, proses, ataupun output.
·
Menurut Donald H.sandar.
Menurut pendapat beliau, computer
adalah system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat.
Berdasarkan intruksi program yang tersimpan di memori. Tidak sama dengan system
manual yang prosesnya memakan waktu yang lama dan juga tidak bisa di kopi.
·
Menurut Wiliam M.fuori.
Menurut pendapat beliau, computer
adalah suatu alat elektronik yang dapat melakukan perhitungan dengan cepat dan
besar, contohnya kalkulator.
v Sejarah komputer
Dahulu
sebelum adanya alat hitung atau mesin hitung, manusia masih menggunakan
beberapa alat tredisional untuk menghitung seperti :lidi, biji-bijian. Dan
manusia terdahulu tidak pernah pua dengan apa yang di dapat, sehingga mereka
berfikir untuk lebih menggali kembali alat-alat canggih.
·
Pada tahun 4000 (SM)
Penemu dari pada mesin hitung ini
bernama Abacus, alatnya di namakan sempoa. Alat ini di temukan d cina
dan bahasa bugisnya corong-corong.akan tetapi, sebagai mana yang kita ketahui
bahwa Indonesia tidak dapat menemukan alat, maka menciplat alat temuan dari
bapak Abacus dan dibentuk menjadi plastic.
·
Pada tahun 1340 (MS)
Penemu dari pada alat ini yaitu
bapak Luca paciolo, alatnya di namakan book keeping maching. Alat ini
di temukan di Italia . sekarang alat ini menjadi alat hitung.
·
Pada tahun 1642
Bernama Dadding Machine. Penemunya
ialah Blaise Pascal. Alat ini di temukan di prancis menciptakan juga mesin
ketik, cara kerjanya menggunakan rotan, dan sangat besar.
·
Pada tahun 1801
Sebagai alat hitung bernama Punihed
Card (kartu berlubang). Berasal dari prancis, penemunya bernama : Josep marie
Jucguard, alat ini berfungsi bias di gunakan untuk menyimpandata, dari sinilah
tercipta yang namanya disket. (tidak bias tersimpan lama) setelah terciptanya
disket yang tidak dapat menyimpan data dengan lama, maka di ciptakanlah
FlashDisk bergiga 1,2,6,8 dll.
·
Pada tahun 1833
Alat ini bernama Chakles babbage,
berasal dari inggris. Berfungsi menyimpan, mengimput, memproses, mengeluarkan .
setelah beberapa tahun hilang, yang ada pembuangannya tersimpan, terciptalah
yang namanya computer.
o
Sejarah perkembangan computer.
Tahun 1822: ilmuan bernama Charles Babbage
mengungkapkan idenya membuat alat yang memiliki kemampuan untuk menghitung pada
tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Peninggalanya tersebut kini masih
bisa dijumpai di Museum of Science London.
Tahun 1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford
Berry di tahun tersebut mulai membuat sebuah desain komputer digital elektronik
pertama. Alat tersebut kemudian diberi nama ABC (Atanasoff-Berry Computer).
Komputer ABC tersebut memiliki kemampuan terbatas yaitu hanya menghitung penambahan
dan pengurangan.
Tahun 1943: Tahun tersebut merupakan masa
Perang Dunia 2 dan seorang ilmuwan kebangsaan Inggris Alan Turing membuat
desain komputer elektronik yang dirancang untuk keperluan militer Inggris.
Sebagai komputer militer, alat tersebut ditujukan untuk dapat menembus kode
pertahanan Jerman.
Tahun 1944: Howard Hathaway Aiken seseorang
berkebangsaan Amerika membuat sebuah komputer dinamai Mark I. Komputer
ini adalah komputer dengan kemampuan hitung digital pertama. Namun jangan heran
melihat ukuranya yang super besar yaitu dengan luas 7,45 kaki x 50 kaki dan
memiliki bobot sekitar 35 ton. Keunggulan dari Mark I yaitu kemampuanya yang
sudah mendukung untuk digunakan menghitung probabilitas.
Tahun 1945: Dr. John von Neumann menulis
sebuah ide trobosan tentang penyimpanan data pada komputer yang pada saat itu
masih berupa ide saja.
Tahun 1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper
Eckert, jr. mereka mulai membuat komputer berskala besar pertama. Komputer
tersebut diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).
Karena penemuanya yang sangat fenomenal tersebut dunia pun menganggap bahwa
kedua orang ini sebagai penemu komputer digital. Ukuran ENIAC komputer tidak
berbeda jauh dengan Mark I ukuranya lebar 30 kaki x 50 kaki dan memiliki berat
30 ton serta terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar). Untuk
menghidupkanya memerlukan tenaga listrik sebesar 160.000 watt. Ketika
dioperasikan untuk pertama kalinya seluruh jaringan listrik di wilayah
Philadelphia mendadak mati. ENIAC komputer sedikit lebih maju dari Mark I yang
hanya dapat menghitung. Keunggulan ENIAC komputer tidak hanya memiliki
kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, namun komputer ini sudah
dapat diprogram untuk menjalankan proses sederhana.
Ilustrasi:
Sumber gambar © wikipedia.org
Tahun 1951: The U.S. Bureau of Cencus
menginstalasi komputer komersial pertama dengan nama UNIVAC I (Universal
Automatic Computer). Komputer ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert
untuk Remington-Rand Corporation.
Tahun 1947: William Shockley, John Bardeen,
dan Walter Brattain merupakan tokoh-tokoh penting dalam sejarah perkembangan computer. dan mereka
adalah penemu Transistor pertama di dunia. Karena penemuan transistor
tersebut ukuran komputer menjadi semakin kecil seperti sekarang ini.
Saat ini
komputer telah mengalami perkembangan pesat dan bisa di jumpai dimana saja.
Mulai dari kantor, sekolah, perusahaan, dan keseharian kita. Bahkan kini ponsel
pintar dan tablet yang kita gunakan merupakan perubahan dari komputer yang
semakin hari semakin efisien dan canggih.
B.
Peran computer dalam bidang pendidikan
Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan.
Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga dapat
membantu para pendidik untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan
kreatif baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik
merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik. Seperti
kita ketahui bahwa terkadang pelajaran yang disajikan oleh pendidik dapat
menarik minat siswa untuk mempelajarinya jika pengajaran yang diberikan oleh
pendidik tersebut menarik dan kreatif. Peserta didik yang ingin memahami materi
lebih dalam dari sebuah bidang studi dapat menginstal software (program)
yang berkaitan dengan pelajaran tersebut Oleh karena itu, banyak pengguna
komputer yang merasa nyaman dengan menggunakan komputer.
Salah satu peran komputer yang utama adalah di bidang
pendidikan. Komputer merupakan sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa.
Komputer menjadi salah satu bidang studi dan kemampuan yang wajib dimiliki oleh
setiap siswa. Dengan bekal ilmu komputer sejak sekolah, anak-anak dapat
bersaing nantinya saat masuk ke dalam dunia kerja. Selain sebagai memberikan
modal kepada siswa salah satu kemampuan yang wajib saat mencari kerja, manfaat
komputer lainnya adalah sebagai pembuka cakrawala. Banyaknya akses ke ilmu
pengetahuan menggunakan komputer bisa membuka cakrawala para siswa tentang
dunia ini dan segala isinya.
Ada
berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer.
Contohnya adalah sebagai berikut :
- Pembelajaran
dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word,
dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format
tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
- Pembelajaran
dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai
macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
- Pembelajaran
dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu
gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar,
komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
- Pembelajaran
dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft
Office.
- Pembelajaran
dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau
yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu
saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga
diperlukan.
- Pembelajaran
dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu
komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses
pembelajaran dapat diselenggarakan secara online dan materi
ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
ü Peran komputer secara umum adalah :
- Komputer
dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
- Dengan
komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa
yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
- Dapat
memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan
gambar.
- Program
komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis,
sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah
soal-soal dikerjakan.
- Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk
membuat karya ilmiah yang baik dan menarik. Informasi - informasi yang
mendukung karya ilmiah tersebut dapat di cari melalui internet.
- Komputer juga bisa menjadi sarana
hiburan
Ada berbagai macam bentuk-bentuk
pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
- Pembelajaran
dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word,
dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format
tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
- Pembelajaran
dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai
macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
- Pembelajaran
dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu
gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar,
komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
- Pembelajaran
dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft
Office.
- Pembelajaran
dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau
yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu
saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga
diperlukan.
- Pembelajaran
dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu
komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses
pembelajaran dapat diselenggarakan secara online dan materi
ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
C.
Peran komputer dalam pembelajaran.
Menurut Gagne dan Briggs dalam
Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena
memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara
lain sebagai berikut :
1) Hubungan Interaktif :
Komputer
dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer
dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap
media.
2) Pengulangan
:
Pengguna
komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan
ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik,
video, atau microsoft office.
3) Feedback and Reward :
Dengan
komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja
pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran
dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan seketika sehingga
mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang
tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama
dalam pembelajaran.
Beberapa Pertimbangan pemanfaatan
Komputer ke dalam proses pembelajaran Ada beberapa hambatan yang perlu digaris
bawahi berkaitan dengan pemanfaatan komputer untuk pembelajaran.
Hambatan-hambatan tersebut diantaranya adalah:
·
penolakan/keengganan untuk berubah (resistancy to change)
khususnya dari policy maker (kepala sekolah dan guru);
·
kesiapan SDM (ICT literacy dan kompetensi guru)
·
;ketersedian fasilitas komputer;ketersediaan bahan belajar
berbasis aneka sumber; dan
·
keberlangsungan (sustainability)
karena keterbatasan dana.
Penolakan atau keengganan untuk
berubah, khususnya dari para pembuat kebijakan sekolah dan guru merupakan hal
yang wajar mengingat komputer masih dapat dikatakan sebagai suatu inovasi (hal
baru). Sikap para pengambil kebijakan atau guru terhadap komputer sebagian
besar masih rendah disebabkan karena kurangnya pengetahuan terhadap komputer
dan peran pentingnya bagi pembelajaran. Disamping itu, sikap
keengganan/penolakan inipun didukung oleh karena redahnya melek teknologi (ICT
literacy). Sehingga, kesiapan guru dan kompetensi guru untuk memanfaatkan
komputer dalam pembelajaran menjadi lemah. Walhasil, fasilitas komputer di
sekolahpun menjadi terbatas sehingga kelangsungan pemanfaatan komputer di
sekolah juga masih dipertanyakan. Terlebih-lebih, ketersediaan bahan belajar
berbasis aneka sumber (resources-based learning packages), seperti
modul, buku paket, VCD pembelajaran, CD-ROM pembelajaran, maupun bahan belajar
online masih terbatas. Sebagai sumbang saran, dalam rangka mengintegrasikan
komputer ke dalam proses pembelajaran (kelas), penulis merekomendasikan
beberapa hal berikut untuk dipecahkan secara sistemik dan simultan: Dukungan
Kebijakan; sekolah mengeluarkan kebijakan untuk mengedepankan pengintegrasian
komputer untuk pembelajaran. Misalnya melalui pencanangan visi, misi, peraturan
dan rencana induk/rencana strategis sekolah ke depan. e-Leadership;
Kepala sekolah dan atau beberapa guru panutan di sekolah menyadari penuh
pentingnya peran komputer untuk pembelajaran dan berupaya untuk terus
mempelajari dan menerapkannya di sekolah.
Penyiapan SDM; sekolah mengembangkan
ICT literacy para guru dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan
komputer kedalam pembelajaran (termasuk berbagai strategi/metode pembelajaran
yang efektif). Bila perlu guru mengadopsi atau mengadaptasi strategi
pembelajaran yang telah terbukti efektif dan mengkomunikasikannya dengan
kolega. Bila perlu mengembangkan sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui
pelatihan, pengiriman mengikuti loka karya atau seminar, terlibat aktif dalam
komunitas jaringan sekolah dan lain-lain. Disamping itu, sekolah juga harus
menyiapkan tenaga teknis dalam bidang komputer untuk pembelajaran.
Bab
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Terselesainya
makalah ini, saya dapat menyimpulkan bahwa :
ü Komputer
adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam
bidang pendidikan maupun yang lainnya.
ü Peran komputer secara umum adalah :
- Komputer
dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
- Dengan
komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa
yang disukainya
- Dapat
memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan
gambar.
- Program
komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis,
sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah
soal-soal dikerjakan.
- Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk
membuat karya ilmiah yang baik dan menarik. Komputer
juga bisa menjadi sarana hiburan
B.
Saran
Dengan diselesaikannya makalah ini penulis berharap makalah
ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Selanjutnya penulis
juga mengharapkan kritik dan saran guna
peningkatan kualitas dalam penulisan makalah ini.
Saran dan kritikan
Selama proses perkuliahan berlangsung.
v Saran
-
Sebaiknya
computer yang rusak di perbaiki, agar proses pembeajaran tidak terganggu.
-
Seharusnya
ruangan di berikan sedikit pendingin atau kipas angin, karena proses
pembelajaran sering terganggu akibat kegerahan.
v Kritikan
-
Dalam pemakaian komputer
harusnya 1 komputer tiap 1 orang, sebab, kita tidak dapat mencernha lebih dalam
materi yang di berikan oleh dosen karena berdebatan computer.
-
Ruangan
terkadang panas.
Daftar pustaka
http://alambudsos.wordpress.com
http://ejournal.unud.ac.id
http://www.nano.lipi.go.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar